logo
ZONA INTEGRITAS PENGADILAN AGAMA BANGIL

Biaya Perkara

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

SIPP

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

Jadwal Sidang

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

SIWAS

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

e-court

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

Gugatan Mandiri

Untuk Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri.

Siapa Daku

Melalui SIAPA DAKU Pihak Beperkara selain mendapatkan Akta Cerai juga Akan medapatkan KTP, Kartu Keluarga (KK) dengan STATUS perkawinan yang telah BERUBAH.

Viona

VIONA adalah aplikasi validasi akta cerai online dari Pengadilan Agama Bangil Kelas 1 B, sebagai alat untuk masyarakat agar bisa melakukan validasi mandiri atas keabsahan akta cerai.

Corona

Untuk Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan info perkara.

Corona

Channel Youtube Pengadilan Agama Bangil, silakan dilike dan di subscribe

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 167

Wakil Ketua Pengadilan Agama Bangil Mengikuti Pelatihan Ini

 

 

Kamis, 30 September 2021, Saya mewawancarai ibu Wakil Ketua Pengadilan Agama Bangil, Ibu Yurita Heldayanti, S.Ag., M.H. yang mengikuti Penyetaraan Ekonomi syariah bagi hakim pengadilan agama. Kenapa disebut Penyetaraan? Karena hakim-hakim yang telah mengikuti pelatihan ekosyar pada tahun sebelumnya, belum memiliki sertifikat yang sesuai dengan peraturan. Oleh karena itu pelatihan kali ini disebut dengan penyetaraan. Acara diklat ini berlangsung mulai tanggal 13 September 2021 sampai dengan 24 September 2021.
Acara Penyetaraan Ekonomi syariah bagi hakim pengadilan agama dibuka oleh Ketua Mahkamah Agung Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI Dr. H. Zarof Ricar, S.H., S.Sos., M.Hum.

 

Untuk pelatihan penyetaraan Ekosyar ini, terbagi menjadi dua waktu, dan dua jenis pembelajaran. Dengan pembelajarn minggu pertama yang di fokuskan belajar mandiri lewat e-learning yang telah disediakan oleh penyedia pelatihan. Pembukaan Diklat Penyetaraan secara e-lerning ini dibuka oleh Bambang H. Mulyono. S.H., M.H.. Adapun pembelajaran mandiri lewat e-learning tersebut dimulai tanggal 13 dan berakhir tanggal 17 September 2021.Terdapat Enam materi khusus yang disediakan, Peserta diminta untuk melakukan pembelajaran secara online dan mengerjakan kuis setelahnya, mulai pukul 07.00 – 23.59 setiap harinya.

 

Jenis Pembelajaran selanjutnya, secara virtual/ dengan menggunakan zoom. Mulai tanggal 20 september 2021 hingga rabu 22 september 2021, pembelajaran secara zoom dengan peserta dibagi menjadi dua kelas setiap harinya. Untuk hari kamis, 23 September 2021 peserta diberikan study kasus per kelompok dan diminta untuk memberikan contoh putusan. Dalam contoh putusan tersebut, peserta diminta untuk memaparkan apa isi putusan tersebut, apakah putusan tersebut berkaitan dengan wanprestasi, perbuatan melawan hukum , atau dalam diskusi kelompok tersebut apakah putusan seperti itu dikabulkan, ditolak, tidak diterima atau lainnya.
Kemudian, untuk hari terakhir, peserta diberikan tugas pribadi untuk membuat pertimbangan hukum mengenai suatu perkara. Hari jum’at itu disetorkan dan waktu sore hari di umumkan kelulusan para peserta. Dan acara ditutup oleh Bapak Bambang H. Mulyono. S.H., M.H..
Menurut Ibu Wakil ketua dalam wawancara kali ini, Pembelajaran yang biasanya sebelum corona diadakan secara offline, sekarang mau-tidak mau menyesuaikan keadaan, yaitu dengan menggunakan media online. Memang untuk kendala secara online banyak, salah satu diantaranya adalah kendala jaringan/sinyal.
Adapun untuk materi pembelajaran, terdapat hal – hal yang terbatas waktu. Materi yang banyak dengan waktu yang minim memunculkan banyaknya pertanyaan menggantung, sehingga banyak pertanyaan yang tidak ter jawab akibat kurangnya waktu. Namun, untuk materi yang disampaikan, sudah sangat bagus dan jelas karena memang pemateri adalah ahli yang berkecimpung langsung dibidangnya, sehingga pemahaman yang diberikan sudah secara maksimal dan sangat berkualitas, tutup beliau.

 

(May/Tim-Red)

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Bangil Klas IB

Jalan Raya Raci
Bangil, Kab. pasuruan,
Jawa Timur 67153

(0343) 741552

(0343) 745202

pa.bangil@gmail.co.id