logo

Urgensi Teknik Refreaming dalam Mediasi Perceraian

  Keterampilan seorang mediator untuk mengidentifikasi problem, menawarkan solusi dan mengkomunikasikan perasaan yang tak tersampaikan merupakan sebuah ke
Urgensi Teknik Refreaming dalam Mediasi Perceraian

Penerapan Prinsip Prudential dalam Perkara Perwalian Anak

  Konvensi  Anak  Sedunia  (Convention of The Rights of The Child) pada tanggal 20 November 1989 telah merumuskan beberapa prinsip dan no
Penerapan Prinsip Prudential dalam Perkara Perwalian Anak

Eksistensi dan Peran Alat Bukti Elektronik dalam Sistem Peradilan Indonesia

  Dalam rangka menyongsong era digitalisasi sebagaimana dituangkan dalam cetak biru pembaruan peradilan tahun 2010-2035, Mahkamah Agung menerapkan siste
Eksistensi dan Peran Alat Bukti Elektronik dalam Sistem Peradilan Indonesia

Membangun Zona Integritas melalui Aksi Manajemen Perubahan

  Dalam sebuah rapat kerja kabinet, mantan Presiden SBY pernah menyatakan bahwa penghambat pembangunan di Indonesia adalah birokrasi, infastruktur dan
Membangun Zona Integritas melalui Aksi Manajemen Perubahan

Interpretasi Pasal 97 KHI Tentang Pembagian Harta Bersama dalam Perspektif Maqashid Syariah

  Kematian dan perceraian merupakan penyebab putusnya tali perkawinan. Bagi suami istri yang bercerai atau ditinggal mati oleh salah satu pasangan tentu
Interpretasi Pasal 97 KHI Tentang Pembagian Harta Bersama dalam Perspektif Maqashid Syariah

Biaya Perkara

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

SIPP

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

Jadwal Sidang

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

SIWAS

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

e-court

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

Gugatan Mandiri

Untuk Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri.

Siapa Daku

Melalui SIAPA DAKU Pihak Beperkara selain mendapatkan Akta Cerai juga Akan medapatkan KTP, Kartu Keluarga (KK) dengan STATUS perkawinan yang telah BERUBAH.

Viona

VIONA adalah aplikasi validasi akta cerai online dari Pengadilan Agama Bangil Kelas 1 B, sebagai alat untuk masyarakat agar bisa melakukan validasi mandiri atas keabsahan akta cerai.

Corona

Untuk Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan info perkara.

Corona

Channel Youtube Pengadilan Agama Bangil, silakan dilike dan di subscribe

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 206

Hakim PA Bangil Jelaskan Hubungan Antara Rukun Islam dan Zona Integritas

 

 

Hakim Pengadilan Agama Bangil Mulyadi, Lc., M.H.I. menguraikan hubungan antara rukun Islam dan pembangunan Zona Integritas pada hari Kamis (29/04/2021). Hal tersebut Ia sampaikan saat mengisi kultum di Musholla Al-Mahkamah Kantor Pengadilan Agama Bangil yang diikuti seluruh aparatur Pengadilan Agama Bangil.

Ia menjelaskan bahwa rukun Islam yang pertama adalah syahadat berupa ikrar dan komitmen oleh seseorang bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusanNya. Konsukensi dari syahadat itu kita harus siap melaksanakan semua perintahNya dan menjauhi segala laranganNya. Jika hal tersebut dikaitkan dengan Zona integritas ternyata ada kemiripan yaitu dimulai dengan pencanangan yang isinya ikrar bersama seluruh aparatur Pengadilan Agama untuk menyukseskan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan kantor masing-masing.

 

 

Kedua, lanjutnya shalat, saat shalat kita semua meminta pertolongan dan petunjuk kepada Allah Allah. Begitu pula dalam mengimplementasikan zona integritas dalam perjalannya kita harus meminta petunjuk dari Tim dan menelaah peraturan-peraturan yang ada sehingga apa yang dijalankan selaras dengan ketentunnya.

Ketiga puasa, saat puasa kita menahan diri dari segala yang membatalkan puasa baik makan, minum dan lainya termasuk selalu sabar dan menjaga hal-hal yang dapat mengurangi pahala puasa seperti berbuat maksiat misalnya. Untuk meraih WBBM tentu saja akan banyak menguras energi dan berbagai cobaan akan datang, namun dengan sikap sabar, tenang dan tangguh maka WBBM dapat digapai bersama, sambungnya.

 

Keempat adalah zakat yaitu memberikan sebagai rezekinya kepada orang yang berhak menerimanya, ucapnya. Dalam semangat mencapai WBBM seluruh anggota Tim yang mempunyai pengetahuan tentang tips dan langkah-langkah sukses bagaimana menggapai WBBM harus mau berbagi ilmu dan pengalamannya. Begitu juga jika ada Tim Area yang sudah selesai melaksanakan tugasnya jangan segan untuk membantu area lainnya demi menjaga kekompakan dan meraih sukses bersama.


Terakhir haji yang merupakan ibadah fisik, pada saat sai misalnya diceritakan bahwa untuk mendapatkan air Siti Hajar berlari-lari sambil menggendong bayi antara Shafa dan Marwa sebanyak 7 kali tanpa mengenal putus asa meskipun Ia amat kelelahan. Demikian pula untuk dapat meraih WBK dan WBBM seluruh Tim jangan putus asa, tetap semangat, selalu optimis dan berfikir positif bahwa dengan kolaborasi yang baik kesuksesan dapat kita rengkuh bersama, pungkasnya. 

(Mul/Tim-Red)

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Bangil Klas IB

Jalan Raya Raci
Bangil, Kab. pasuruan,
Jawa Timur 67153

(0343) 741552

(0343) 745202

pa.bangil@gmail.co.id