logo

Penerapan Prinsip Prudential dalam Perkara Perwalian Anak

  Konvensi  Anak  Sedunia  (Convention of The Rights of The Child) pada tanggal 20 November 1989 telah merumuskan beberapa prinsip dan no
Penerapan Prinsip Prudential dalam Perkara Perwalian Anak

Eksistensi dan Peran Alat Bukti Elektronik dalam Sistem Peradilan Indonesia

  Dalam rangka menyongsong era digitalisasi sebagaimana dituangkan dalam cetak biru pembaruan peradilan tahun 2010-2035, Mahkamah Agung menerapkan siste
Eksistensi dan Peran Alat Bukti Elektronik dalam Sistem Peradilan Indonesia

Membangun Zona Integritas melalui Aksi Manajemen Perubahan

  Dalam sebuah rapat kerja kabinet, mantan Presiden SBY pernah menyatakan bahwa penghambat pembangunan di Indonesia adalah birokrasi, infastruktur dan
Membangun Zona Integritas melalui Aksi Manajemen Perubahan

Interpretasi Pasal 97 KHI Tentang Pembagian Harta Bersama dalam Perspektif Maqashid Syariah

  Kematian dan perceraian merupakan penyebab putusnya tali perkawinan. Bagi suami istri yang bercerai atau ditinggal mati oleh salah satu pasangan tentu
Interpretasi Pasal 97 KHI Tentang Pembagian Harta Bersama dalam Perspektif Maqashid Syariah

Cara Mudah Menghitung Waris

  Penghitungan mawaris adalah proses penyelesaian penentuan besarnya bagian harta yang akan dipindahkan hak miliknya dari seseorang yang telah meningga
Cara Mudah Menghitung Waris

Biaya Perkara

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

SIPP

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

Jadwal Sidang

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

SIWAS

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

e-court

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

Gugatan Mandiri

Untuk Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri.

Siapa Daku

Melalui SIAPA DAKU Pihak Beperkara selain mendapatkan Akta Cerai juga Akan medapatkan KTP, Kartu Keluarga (KK) dengan STATUS perkawinan yang telah BERUBAH.

Viona

VIONA adalah aplikasi validasi akta cerai online dari Pengadilan Agama Bangil Kelas 1 B, sebagai alat untuk masyarakat agar bisa melakukan validasi mandiri atas keabsahan akta cerai.

Corona

Untuk Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan info perkara.

Corona

Channel Youtube Pengadilan Agama Bangil, silakan dilike dan di subscribe

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 67

Dharmayukti Karini Cabang Bangil Peringati Isra Miraj

 

 

Peringatan Isra Mi’raj yang jatuh setiap tanggal 27 Rajab merupakan salah satu hari besar umat Islam yang dirayakan setiap tahunnya di Indonesia. Tujuan diadakannya peringatan isra mi’raj sendiri adalah agar umat Islam memuliakan nabi Muhammad SAW atas pencapaian Beliau dalam meraih puncak spritualitasnya yaitu bertemu dengan Allah SWT di sidrotul muntaha. Untuk memperingat hal tersebut Dharmayukti Karini Cabang Bangil menggelar perayaan Isra Mi’raj pada hari Jum’at (19/03/2021).
Acara yang penuh berkah ini diisi dengan tausiyah yang disampaikan oleh Hakim Pengadilan Agama Bangil Mulyadi, Lc., M.H.I. Ia menerangkan secara singkat peristiwa isra mi’raj dimana Nabi Muhammad SAW dengan mengendarai buraq diperjalankan dari Masjidil Haram di Kota Suci Mekkah, Arab Saudi menuju Masjidil Aqso di Palestina yang jaraknya kurang lebih 1500 Kilometer. “Umat Islam saat itu sebagian ada yang murtad karena tidak percaya dengan hal tersebut, bagaimana mungkin perjalananan yang lazimnya ditempuh berbulan-bulan dengan mengendarai unta hanya dilakoni oleh Nabi Muhammad dalam waktu 1 malam termasuk naik ke luar angkasa hingga di atas langit ketujuh yaitu di sidratul muntaha,” ungkap Mulyadi.

Ia menjelaskan bahwa sebenarnya hal tersebut sekarang sudah tidak mustahil lagi, karena dengan adanya persitiwa isra mi’raj ini ternyata malah memberi inspirasi bagi dunia modern untuk membuat teknologi transportasi yang cepat dan canggih. Di Jepang misalnya sudah ada kereta api cepat yang dapat menempuh kecepatan 500 Kilometer perjam. “Sehingga jika dari masjidil Haram ke Masjidil Aqsa di zaman sekarang ini maka hanya butuh waktu 3 jam saja untuk menempuhnya, bahkan sangat mungkin Rasulullah bisa lebih cepat dari itu” ujarnya.

 

 

 

 

Begitu pula, tambahnya, untuk pergi ke luar angkasa saat ini sudah tidak asing lagi bagi manusia. Banyak negara di dunia yang sudah sering pergi ke luar angkasa dengan berbagai macam alat baik untuk penelitian, keperluan satelit maupun lainnya yang sangat besar manfaatnya seperti untuk memancarkan sinyal telepon genggam, radio, TV dan lainnya. Dijelaskan Mulyadi,  Jika manusia tidak terinspirasi dari peristiwa isra mi’raj bisa jadi peradaban kita sekarang masih primitif karena tidak adanya sinyal, gelombang radio maupun lainnya.
Puncak dari peristiwa isra mi’raj ini adalah ketika Nabi Muhammad SAW bertemu dan berkomunikasi dengan Allah. Beliau diperintahkan oleh Allah SWT agar Beliau dan umatnya melaksanakan shalat 5 waktu dimana shalat adalah mi’rajnya orang beriman. Dengan shalat ketika kita mengangkat takbir seakan jiwa kita naik ke “sidrotul muntaha” dan saat membaca bacaan shalat maka kala itulah kita sebagai hamba Allah berkomunikasi denganNya melalui berbagai ayat dan bacaan yang artinya penuh doa dan sarat makna sebagaimana Rasulullah SAW dalam mi’rajnya.
Sebagai penutup Ia menguraikan tentang intisari peristiwa isra mi’raj, menurutnya hikmahnya adalah sebagai penghiburan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW yang baru saja ditinggalkan wafat orang-orang yang disayanginya. Bahwa ada cinta yang lebih sejati yaitu cinta kepada Allah SWT sehingga dengan pertemuan Beliau dengan Allah SWT tersebut maka Beliau telah meraih tingkat spritulitas tertinggi yang dengannya hati Beliau menjadi tenang, tenteram dan semakin bergelora dalam menyebarkan syiar Islam.
Hikmah lainnya adalah diperintahkannya shalat 5 waktu sehingga dengan shalat Umat Islam dilatih untuk disiplin dengan waktu, senantiasa bergerak secara berkala agar badan selalu sehat serta melatih ingatan dengan hitungan jumlah rakaat agar dengan itu umat Islam tidak mudah pikun. Banyak lagi hikmah-hikmah lainnya yang patut untuk kita renungkan dan hayati agar kita semakin cinta kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan merayaan isra mi’raj ini kita semua dapat terinspirasi untuk meraih spritulitas tertinggi dan dapat selalu melaksanakan shalat 5 waktu dengan ikhlas, sabar dan selalu mengharapkan keridhaanNya.
 
 (Mul/Tim-red)

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Bangil Klas IB

Jalan Raya Raci
Bangil, Kab. pasuruan,
Jawa Timur 67153

(0343) 741552

(0343) 745202

pa.bangil@gmail.co.id