logo

Urgensi Teknik Refreaming dalam Mediasi Perceraian

  Keterampilan seorang mediator untuk mengidentifikasi problem, menawarkan solusi dan mengkomunikasikan perasaan yang tak tersampaikan merupakan sebuah ke
Urgensi Teknik Refreaming dalam Mediasi Perceraian

Penerapan Prinsip Prudential dalam Perkara Perwalian Anak

  Konvensi  Anak  Sedunia  (Convention of The Rights of The Child) pada tanggal 20 November 1989 telah merumuskan beberapa prinsip dan no
Penerapan Prinsip Prudential dalam Perkara Perwalian Anak

Eksistensi dan Peran Alat Bukti Elektronik dalam Sistem Peradilan Indonesia

  Dalam rangka menyongsong era digitalisasi sebagaimana dituangkan dalam cetak biru pembaruan peradilan tahun 2010-2035, Mahkamah Agung menerapkan siste
Eksistensi dan Peran Alat Bukti Elektronik dalam Sistem Peradilan Indonesia

Membangun Zona Integritas melalui Aksi Manajemen Perubahan

  Dalam sebuah rapat kerja kabinet, mantan Presiden SBY pernah menyatakan bahwa penghambat pembangunan di Indonesia adalah birokrasi, infastruktur dan
Membangun Zona Integritas melalui Aksi Manajemen Perubahan

Interpretasi Pasal 97 KHI Tentang Pembagian Harta Bersama dalam Perspektif Maqashid Syariah

  Kematian dan perceraian merupakan penyebab putusnya tali perkawinan. Bagi suami istri yang bercerai atau ditinggal mati oleh salah satu pasangan tentu
Interpretasi Pasal 97 KHI Tentang Pembagian Harta Bersama dalam Perspektif Maqashid Syariah

Biaya Perkara

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

SIPP

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

Jadwal Sidang

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

SIWAS

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

e-court

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

Gugatan Mandiri

Untuk Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri.

Siapa Daku

Melalui SIAPA DAKU Pihak Beperkara selain mendapatkan Akta Cerai juga Akan medapatkan KTP, Kartu Keluarga (KK) dengan STATUS perkawinan yang telah BERUBAH.

Viona

VIONA adalah aplikasi validasi akta cerai online dari Pengadilan Agama Bangil Kelas 1 B, sebagai alat untuk masyarakat agar bisa melakukan validasi mandiri atas keabsahan akta cerai.

Corona

Untuk Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan info perkara.

Corona

Channel Youtube Pengadilan Agama Bangil, silakan dilike dan di subscribe

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 126

2 Hakim PA Bangil Ini Ikuti Tes Calon Wakil Ketua Pengadilan Agama Kelas II

 

 

2 orang Hakim Pengadilan Agama Bangil yaitu Muhammad Sopalatu, S.H. dan Mulyadi, Lc., M.H.I. dipanggil untuk mengikuti Profile Assessment dan Fit and Proper Test secara virtual Untuk menjadi Wakil Ketua Pengadilan Agama Kelas II Tahun 2021. Kepastian keduanya mengikuti kegiatan ini sebagaimana tercantum dalam Surat yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Badan peradilan Agama Nomor 1310/DJA/Kp.04.6/4/2021, tanggal 23 April 2021. Tes untuk calon pimpinan kelas II ini diikuti oleh 147 orang peserta yang berasal dari berbagai Pengadilan Agama seluruh wilayah Indonesia. Dimulai dari hari Senin (03/05/2021) sampai hari Kamis (06/05/2021) selain seleksi Calon Wakil Ketua Pengadilan Agama Kelas II pada kesempatan ini rencananya diadakan pula seleksi calon Wakil Ketua untuk Pengadilan Agama Kelas 1 B dan Kelas 1 A.

 

Atas adanya panggilan tes tersebut keduanya segera menyiapkan dan mengirimkan persyaratan yang diminta oleh panitia. Untuk menilai profile assessment para peserta penguji tidak tanggung-tanggung didatangkan oleh Badilag dari pihak ketiga yaitu PT. PPSDM Consultant (Konsultan Psikologi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) yang didirikan oleh para Psikolog alumni Universitas Indonesia. Sedangkan untuk Fit and Proper Test Penguji terdiri dari 9 orang yang masing-masing dengan tema dan materi yang berbeda.

Penguji 1 adalah Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. yang mengukur kemampuan peserta tentang Visi, Misi dan Kebijakan Mahkamah Agung R.I. serta pembinaan teknis maupun non teknis. Penguji 2 adalah Direktur Pembinaan Teknis Peradilan Agama Dr. H. Candra Boy Seroza, S. Ag., M. Ag. yang menguji tentang Manajemen Pembinaan dan Pengembangan SDM. Penguji 3 adalah Inspektur Wilayah IV Badan Pengawasan Mahkamah Agung Dr. H. Achmad Zainullah, S.H., M.H. yang menguji tentang Manajemen Pengawasan Peradilan.

 

 

Selanjutnya Penguji 4 adalah Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung Republik Indonesia Dr. Zarof Ricar, S.H., S.Sos., M.Hum. dalam hal ini diwakili oleh Hj. Ernida Basri, M.H. yang menguji tentang Manajemen Pengembangan Kediklatan Tenaga Teknis dan Non Teknis. Adapun Penguji 5 adalah Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jakarta Dr. H. M. Syarif Mappiase, S.H., M.H. yang menguji tentang Hukum Acara Peradilan Agama, Hukum Acara Gugatan Sederhana dan Jinayat di Aceh. Lalu Penguji 6 adalah Panitera Muda Perdata Agama Mahkamah Agung R.I. yaitu Dr. H. Abdul Ghoni, S.H., M.H. yang menguji Hukum Perdata Agama: bidang Perkawinan, Kewarisan, Wakaf, Hibah, Zakat, Sodaqoh dan Ekonomi Syariah.

Kemudian Penguji 7 adalah Hakim Yustisial Mahkamah Agung Mohammad Sapi’i, S.Ag., M. Hum. Yang menguji membaca kitab kuning. Sedangkan Penguji 8 adalah Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Drs. Arief Hidayat, S.H., M.M. yang menguji tentang Tugas Pokok dan Fungsi Ditjen Badan Peradilan Agama. Terakhir Penguji 9 adalah Direktur Pembinaan Admnistrasi Peradilan Agama Dr. Dra. Nur Djannah Syaf, S.H., M.H. yang menguji tentang Kebijakan Pembinaan Administrasi Peradilan.
Setelah berjibaku dengan tes selama 4 hari berturut-turut Kedua hakim Pengadilan Agama Bangil berharap dapat lulus menjadi wakil Ketua Pengadilan Agama Kelas II. Lebih dari itu keduanya berharap dapat meraih rangking 10 besar agar dapat mengharumkan nama Kantor Pengadilan Agama Bangil dan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya sehingga kehadiran keduanya di wilayah ini dapat membawa berkah dan prestasi serta membawa citra yang positif sehingga akan menjadi Role Model bagi yang lainnya.
 

    
(Mul/Tim-Red)

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Bangil Klas IB

Jalan Raya Raci
Bangil, Kab. pasuruan,
Jawa Timur 67153

(0343) 741552

(0343) 745202

pa.bangil@gmail.co.id